Pemilihan Kepala Daerah 2024, Jumlah Pemilih per TPS Maksimal 600 Orang

Pemilihan Kepala Daerah 2024, Jumlah Pemilih per TPS Maksimal 600 Orang

JAKARTA – Jumlah pemilih di dalam setiap tempat pemungutan ucapan ( TPS ) maksimal sejumlah 600 orang. Hal itu akan diterapkan pada pemilihan gubernur 2024.

Ketentuan yang disebutkan diatur di rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum ( PKPU ) tentang Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilihan Pemuka dan juga Wakil Gubernur, Kepala Kabupaten dan juga Wakil Bupati, juga Wali Daerah Perkotaan dan juga Wakil Wali Pusat Kota yang mana dipaparkan pada rapat dengar pendapat (RDP) sama-sama Komisi II DPR, Rabu (15/5/2024).

Ketua KPU Hasyim Asy’ari menjelaskan, berdasarkan UU tentang Pilkada, diatur alokasi pemilih per TPS maksimal adalah 800 pemilih. Namun, pada pengalaman dalam pilkada pada situasi pandemi Covid-19 tahun 2020, KPU menurunkannya dengan total maksimal per TPS berjumlah 500 orang.

“Nah, sekarang untuk pemilihan gubernur 2024, akan kita siapkan per TPS paling sejumlah 600 pemilih,” kata Hasyim pada paparannya.

Aturan maksimal 600 pemilih per TPS ini tentu harus memperhatikan beberapa jumlah catatan. Pertama, tidak ada menggabungkan desa atau kelurahan atau sebutan lain. Kedua, memudahkan pemilih menuju TPS.

“Kemudian tak memisahkan pemilih di satu keluarga pada TPS yang digunakan berbeda. Dan juga memperhatikan aspek geografis,” ujarnya.

Hasyim melanjutkan, nomor 600 pemilih per TPS ini di rangka memudahkan untuk mendesain berapa jumlah total TPS pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

“Berdasarkan Pemilihan Umum 2024 kemarin, maksimal per TPS adalah 300 pemilih. Dengan demikian, nanti memudahkan untuk re-grouping atau pengumpulan dua TPS berubah menjadi satu TPS,” pungkasnya.

Artikel ini disadur dari Pilkada 2024, Jumlah Pemilih per TPS Maksimal 600 Orang

CATEGORIES
TAGS
Share This