#
Polres Sukabumi Daerah Perkotaan intensifkan penindakan kendaraan berknalpot brong

Polres Sukabumi Daerah Perkotaan intensifkan penindakan kendaraan berknalpot brong

IndoPolitik.com – Sukabumi, Jabar – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukabumi Perkotaan mengintensifkan penindakan terhadap pengendara motor yang menggunakan knalpot bersuara bising atau brong dengan melakukan tilang di dalam tempat sekaligus menyita sementara kendaraan tersebut.

"Penindakan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman juga nyaman bagi penduduk yang dimaksud berada dalam lingkungan Polres Sukabumi Kota, dikarenakan cukup banyak laporan serta keluhan yang digunakan masuk ke kami dari penduduk yang dimaksud meminta-minta untuk menertibkan setiap kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot brong," kata Kepala Urusan Pembinaan Operasi (KBO) Satlantas Polres Sukabumi Kota, Iptu Ade Hidayat di area Sukabumi pada Selasa.

Menurut Ade, selama empat hari operasi atau razia knalpot brong dari 10-13 Januari 2024, pihaknya berhasil menyita lebih banyak dari 120 unit knalpot brong. Mayoritas knalpot bersuara bising juga mengganggu yang dimaksud disita dari kendaraan beroda dua motor, namun ada juga dari kendaraan roda empat.

Operasi yang dimaksud dilaksanakan pihaknya ini rutin dijalankan pada berbagai lokasi dalam wilayah hukum Polres Sukabumi Daerah Perkotaan dengan waktu dan juga lokasinya tiada menentu, langkah yang disengaja agar pengendara yang mana menggunakan knalpot brong tidaklah dapat menghindar.

Bahkan, setiap kendaraan yang dimaksud terjaring,  pihaknya sebanding sekali bukan memberikan toleransi terhadap pelanggar. Sudah pasti kendaraan merek disita sementara lalu baru bisa jadi diambil apabila knalpot brong diganti dengan standar pabrik.

Sementara knalpot brong itu dijadikan barang bukti serta disita untuk dimusnahkan pada kemudian hari. Dalam melaksanakan tugas, pihak Satlantas tak akan pandang bulu lalu siapapun yang tersebut melanggar pasti akan ditindak.

Di sisi lain, Ade Hidayat menambahkan bahwa selain memberikan efek jera untuk pelanggar, pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi tentang larangan menggunakan knalpot brong pada kendaraan bermotor.

Sosialisasi ini diadakan tak hanya sekali terhadap pengendara saja, tetapi pelajar khususnya tingkat SMA sederajat tak luput dari kegiatan sosialisasi sekaligus edukasi tentang aturan lalu lintas.

"Kami berharap penduduk yang dimaksud miliki kendaraan bermotor agar tiada mengubah atau memodifikasi knalpot kendaraan seperti mengganti yang tersebut standar pabrik menjadi brong. Jika tetap saja nekat, maka kami jamin knalpot brong itu akan disita," tambahnya.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dengan tegas melarang pengaplikasian knalpot brong juga menginstruksikan terhadap seluruh jajarannya mengambil tindakan sesuai aturan dan juga memberikan edukasi serta sosialisasi terkait larangan pemanfaatan knalpot bising itu.

 

CATEGORIES
TAGS
Share This