Polri Minta Barter Chaowalit Thongduan dengan Fredy Pratama

Polri Minta Barter Chaowalit Thongduan dengan Fredy Pratama

JAKARTA – Buronan Thailand Chaowalit Thongduan alias Pang Na-Node alias Sulaiman ditangkap Polri di dalam sebuah apartemen kawasan Daerah Badung, Provinsi Bali, Kamis (30/5/2024). Polri memohonkan Thailand juga membantu menangkap buronan Fredy Pratama.

Fredy Pratama merupakan gembong narkoba kelas internasional yang digunakan berada dalam diburu oleh Bareskrim Polri. Sejauh ini, Fredy Pratama disebut berada dalam bersembunyi di hutan Thailand.

Direktur Tindak Pidana Narkoba (Dirtipidnarkoba) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Brigjen Mukti Juharsa menyampaikan bahwa Chaowalit yang tersebut merupakan bos narkoba sekaligus buronan kelas satu di Thailand itu memiliki nilai yang mana sejenis dengan Fredy Pratama jika Indonesia.

“Kita kan join nih. Ada Budi, ada balaslah. Ada ubi ada talas. Kita juga minta demikian dong. Dia kan gembong besar. Ya saling tukar aja. Barter. Itu yang dimaksud kita inginkan,” kata Mukti dalam Bareskrim Polri, Jakarta, Hari Minggu (2/6/2024).

Dia menambahkan, sejauh ini pihaknya masih mendalami keterlibatan jaringan yang digunakan identik antara Fredy dengan Chaowalit. Namun demikian, Mukti menegaskan bahwa buron Thailand itu tidaklah mengedarkan narkoba pada Indonesia.

Dia mengungkapkan Fredy Pratama ketika ini berlokasi ke perbatasan antara Thailand serta Burma. Oleh karenanya, pihak Bareskrim akan segera segera memberangkatkan regu untuk menangkap Fredy. “Di perbatasan antara Thailand kemudian Burma,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bareskrim kemudian kepolisian Thailand sudah pernah setuju masalah penanganan perkara perbuatan pidana pencucian uang (TPPU) istri Fredy Pratama. Khusus TPPU akan diproses oleh Polisi Thailand, sedangkan Fredy Pratama akan diserahkan ke Indonesia.

Menurut Mukti, langkah memiskinkan keluarga Fredy Pratama berubah menjadi salah satu upaya agar Fredy Pratama terdesak kemudian tiada miliki dukungan finansial lagi, sehingga memudahkan penangkapan.

Artikel ini disadur dari Polri Minta Barter Chaowalit Thongduan dengan Fredy Pratama

CATEGORIES
TAGS
Share This