PPA dan juga JIEP Sinergi Dukung Pembangunan Desa Wisata di dalam Yogyakarta

PPA dan juga JIEP Sinergi Dukung Pembangunan Desa Wisata di dalam Yogyakarta

JAKARTA – PT Organisasi Pengelola Aset (PPA) serta PT Ibukota Indonesia Industrial Estate Pulogadung (JIEP), bagian dari Holding BUMN Danareksa menyelenggarakan kegiatan Relawan Bakti BUMN Batch V di dalam Desa Sriharjo, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Acara yang disebutkan bertujuan untuk menyokong pengembangan desa wisata di meningkatkan perekonomian masyarakat.

Plh. Direktur Utama JIEP, Dharma Satriadi, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan amanat Kementerian BUMN terhadap PPA lalu JIEP untuk memberi dampak secara langsung untuk masyarakat melalui Proyek Desa Pertanian juga Wisata Terintegrasi sesuai keinginan Desa Sriharjo. “Diharapkan penampilan para sukarelawan dapat menyebabkan faedah bagi masyarakat,” ujar beliau di pernyataannya, Hari Senin (20/5/2024).

Sementara, Direktur Penyertaan Modal PPA, Ridha Farid Lesmana, menambahkan bahwa PPA bersatu JIEP berjanji melanjutkan kegiatan yang dimaksud telah lama dirintis dua tahun lalu. Kegiatan ini melibatkan rakyat kemudian didampingi akademisi dari Fakultas Teknologi Pertanian UGM untuk hasil yang optimal.

Program ini melibatkan 10 kontestan dari beraneka BUMN serta anak perusahaan seperti Pertamina, BNI, BTN, Askrindo, AirNav, Pupuk Sriwijaya, Angkasa Pura 1, PTPN I, PTPN IV, dan juga Kawasan Industri Medan. Selama tiga hari, sukarelawan akan melaksanakan kegiatan yang fokus pada pendidikan, lingkungan, dan juga pengembangan usaha mikro serta kecil (UMK).

Kegiatan lembaga pendidikan meliputi pelatihan tata kelola pariwisata, Rencana Relawan Mengajar dalam SD Negeri Kedungmiri, juga pergelaran seni budaya. Acara lingkungan mencakup investasi bawang merah, penyetoran pohon buah, perbaikan sarana wisata, perawatan ternak, lalu pengembangan domicile ternak terpadu. Sedangkan kegiatan pengembangan UMK mencakup pelatihan digital marketing, pengemasan produk, dan juga bazar UMK.

Desa Sriharjo memiliki prospek wisata berkelanjutan berbasis agrikultur, konservasi alam, juga kebudayaan. Publik desa telah mulai mengatur destinasi wisata dengan memanfaatkan keindahan alam, edukasi pertanian, kemudian atraksi budaya untuk menantang wisatawan.

Baca Juga: Sandiaga Uno Resmikan ADWI 2024, Optimalkan Kemungkinan Desa Wisata

Potensi wisata Desa Sriharjo meliputi panorama terasiring kemudian panggung Sonoseneng, padusan Banyu Bening, wisata pertanian Techno Eco Edupark, jalur trekking, area camping, pergelaran seni budaya, juga Sriharjo Fun Trail Run tahunan. Barang UMK unggulan desa ini antara lain mie instan Mocaf, Tempe Koro, Kacang Bawang Oven, Kripik Bayem, serta Peyek.

CATEGORIES
TAGS
Share This