Produksi Terbesar di dalam Indonesia, Kopi Sumsel Didorong Mendunia

Produksi Terbesar di dalam Indonesia, Kopi Sumsel Didorong Mendunia

JAKARTA – Penjabat (Pj) Pengelola Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengatakan Sumsel berubah jadi tempat penghasil kopi terbesar dan juga terluas di Indonesia. Hal ini diungkapkannya ketika meluncurkan Kopi Sumsel ke Sungai Sekanak Lambidaro, Palembang, Sumatera Selatan.

Fatoni menyampaikan Sumsel merupakan salah satu sentra produksi kopi nasional dengan area seluas 250.305 hektar pada tahun 2020 yang digunakan tersebar di dalam Wilayah OKU Selatan, Empat Lawang, Muara Enim, Lahat kemudian Pusat Kota Pagar Alam serta sebagian kabupaten lainnya di dalam wilayah Sumsel.

“Potensi yang digunakan besar ini harus kita manfaatkan juga dikembangkan dengan baik, tentu untuk ini kita bukan dapat berbuat sendiri,” kata Fatoni di pernyataan tertoreh yang dimaksud diterima SINDOnews, Kamis (16/5/2024).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel tentunya tak main-main pada menggerakkan Kopi Sumsel semakin berprogres di masa mendatang. Fatoni mengemukakan kedepannya pihaknya akan menerbitkan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) kemudian Peraturan Daerah (Perda) yang digunakan mengatur mengenai Kopi Sumsel.

“Kita akan terbitkan peraturan kepala tempat tentang Kopi Sumsel. Selanjutnya, diharapkan ada Perda tentang ‘Kopi Sumsel’, dimana kita akan menyokong perkembangannya agar produksinya lebih tinggi baik lagi kemudian sanggup bermetamorfosis menjadi komoditi andalan di Indonesia” ujar Fatoni.

Kemudian, untukmeningkatkankualitas lalu popularitas Kopi Sumsel dalam kalangan pecinta kopi, pihaknya akan mendatangkan para ahli Kopi dari bervariasi tempat datang ke Sumsel guna memberikan bimbingan juga arahan terkait produksi kopi.

“Dari sisi kualitas juga akan kita tingkatkan juga Pemprov Sumsel akan membantu dan juga memantau ini mulai dari pemberian bibit juga pupuk yang tersebut cukup, kita akan kawal bimbing, kita arahkan lalu kita juga akan datangkan para ahli ke Sumsel agar kopi kita dapat dikenal,” ucap Fatoni.

Fatoni juga optimistis kedepannya Kopi Sumsel dapat mendunia lalu disukai oleh para penikmat kopi ke Indonesia. Tentunya bervariasi upaya konkret akan dijalankan secara bersama-sama antara pemerintah, masyarakat, pelaku bisnis kopi lalu seluruh stakeholder terkait.

“Hari ini adalah hari yang tersebut sangat bersejarah peluang kita dengan untuk bisa saja mengangkat Kopi Sumsel mendunia, dengan sama-sama mirip kita lakukan upaya-upaya. Saya berharap untuk seluruh pecinta kopi, pelaku usaha agar bisa saja membranding kopinya berubah jadi Kopi Sumsel,” ucap Fatoni.

Selain itu, guna mengenalkan Kopi Sumsel di dalam di negara lain pihaknya berada dalam gencar melakukan pemasaran dengan membuka stand pada pameran di dalam Korea Selatan. Hal ini bertujuan agar rakyat Korea Selatan dapat menikmati cita rasa asli Kopi Sumsel.

“Kopi Sumsel ini sangat kaya dan juga ke Korea Selatan ketika ini ada pameran kopi kita, Kopi Sumsel mengambil bagian di pameran itu lalu dalam sana sangat diminati.Alhamdulillah mereka itu yang tersebut ada pada sana menyukai lalu satu hari itu bisa saja 1000 gelas di dalam Asia bermetamorfosis menjadi pangsa kita,” imbuhnya.

Artikel ini disadur dari Produksi Terbesar di Indonesia, Kopi Sumsel Didorong Mendunia

CATEGORIES
TAGS
Share This