#
Profil Serka Dudi Iskandar, Prajurit TNI yang Gugur di Lebanon Dapat Penghargaan PBB

Profil Serka Dudi Iskandar, Prajurit TNI yang Gugur di Lebanon Dapat Penghargaan PBB

JAKARTA – Serka Dudi Iskandar, prajurit TNI yang mana gugur di tugas dalam Yaman tahun 2023 tak lama kemudian belum lama ini mendapatkan penghargaan medali tertinggi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Dag Hammarskjold.

Deputi Wakil Tetap RI Dubes Harry Prabowo didampingi Brigjen TNI Felix Tobing sebagai Penasihat Militer RI untuk PBB dan juga Letkol Inf Paulus Pandjaitan sebagai Asisten Penasihat Militer RI berubah menjadi pihak yang menerima dengan segera medali PBB yang dimaksud dari Sekjen PBB Antonio Guteres.

Selain Serka Dudi Iskandar, Pratu Bibit Nailil yang mana gugur sewaktu mengemban amanah jadi pasukan perdamaian PBB ke Kongo juga mendapatkan penghargaan yang mana sama.

Profil Serka Dudi Iskandar

Serka Dudi berdinas pada Pomdam III/Siliwangi. Dilansir dari laman Puspomad, Serka Dudi melaksanakan tugas operasi luar negeri yang tersebut tergabung pada Satgas Military Police Unit (MPU) TNI Konga XXV-O Lebanon sejak tahun 2023.

Tugas dalam luar negeri pada rangka melindungi perdamaian planet yang mana dicanangkan PBB berubah jadi tugas terakhirnya dalam militer.

Serka Dudi gugur di dalam berada dalam tugasnya mengemban sebagai anggota personel Satgas SEMPU XXV-O TNI UNIFIL di Naqoura dengan jabatan Ba Pomdam III/Siliwangi.

Upacara pelepasan jenazah Serka Dedi diselenggarakan pada 6 September 2023. Pelepasan jenazah dihadiri Dubes RI Beirut Hajriyanto Y Thohari.

Pemakaman dilangsungkan dalam Military VIP Lounge, Belanda RHIA. Saat upacara, Head of Mission Commander dari UNIFIL Mayor Jenderal Aroldo Lazaro Saenz memberikan pidato belasungkawa berhadapan dengan gugurnya salah satu putra terbaik bangsa.

Artikel ini disadur dari Profil Serka Dudi Iskandar, Prajurit TNI yang Gugur di Lebanon Dapat Penghargaan PBB

CATEGORIES
TAGS
Share This