Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Tanah Datar, BPKH Pastikan Tak Gunakan Dana Haji

Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Tanah Datar, BPKH Pastikan Tak Gunakan Dana Haji

JAKARTA – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mendeklarasikan bantuan tanggap bencana bagi penderita banjir dan juga air bah yang digunakan menerjang Nagari III Koto, Kecamatan Rambatan, Wilayah Tanah Datar, Sumatera Barat. Bantuan yang disebutkan merupakan kerja serupa dengan mitra kemaslahatan Rumah Zakat.

Pelaksana BPKH Harry Alexander menyatakan bantuan bagi penderita banjir Tanah Datar merupakan bagian dari Inisiatif Kemaslahatan BPKH. Harry memastikan, pelaksanaan Rencana Kemaslahatan tidaklah menggunakan dana yang dimaksud disetor calon jemaah haji. Bantuan awal dalam bentuk 200 kaleng daging olahan siap saji diserahkan pada rumah tahfiz Al Qur’an Sarumpun Jaya Sakato, Sabtu, 11 Mei 2024.

“Bantuan ini diambil dari nilai khasiat Dana Abadi Umat, jadi saya pastikan tak ada uang jemaah yang tersebut terpakai,” tegas Harry, Akhir Pekan (12/5/2024).

Harry berharap nilai kegunaan Dana Abadi Umat dapat semakin dirasakan kehadirannya oleh warga luas kemudian inisiatif kemanusiaan, diantaranya orang yang terluka bencana di seluruh Indonesia.

“Insyaallah bantuan awal ini merupakan respons cepat BPKH diharapkan meringankan saudara-saudara kita yang digunakan berubah menjadi individu yang terjebak bencana alam. Update terakhir yang digunakan kami dapat, banjir sudah pernah berdampak pada 62 rumah warga,” kata Harry Alexander.

Selain Tanah Datar, BPKH juga terlibat menyalurkan bantuan ke banyak tempat yang mengalami bencana alam mulai dari Daerah Perkotaan Padang, Padang Pariaman, Daerah Pasaman, Wilayah Pesisir Selatan, Wilayah Solok, Perkotaan Payakumbuh, Kabupaten. Agam, juga Wilayah Lima Puluh Perkotaan dalam Sumatera Barat, dan juga provinsi lainnya seperti Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan juga Jawa Barat.

“BPKH akan terus memberikan dukungan bagi warga yang mana terdampak bencana, akibat Rasulullah mengumpamakan umat Islam itu seperti satu tubuh, apabila ada salah satu anggota tubuh yang dimaksud sakit, maka seluruh tubuhnya akan bergabung merasakan. Semoga ini bermetamorfosis menjadi berkah bagi umat,” tukasnya.

Artikel ini disadur dari Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Tanah Datar, BPKH Pastikan Tak Gunakan Dana Haji

CATEGORIES
TAGS
Share This