SBY Teteskan Air Mata Saat Ziarah ke Kuburan Massal Korban Tsunami

SBY Teteskan Air Mata Saat Ziarah ke Kuburan Massal Korban Tsunami

Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak kuat menahan haru saat mengenang bagaimana korban tsunami Aceh yang tergeletak di jalanan kota Banda Aceh pada 2004 silam.
Saat itu ia menjabat sebagai Presiden dan harus menghentikan sejumlah agenda kenegaraan hanya untuk bisa melihat kondisi Aceh setelah hari hari di terjang tsunami. Ia berangkat bersama rombongan dan istrinya dari Papua.

“Waktu itu pak Jusuf Kalla duluan yang ke sini, lalu saya susul bersama istri tercinta, betapa kagetnya kami melihat jenazah-jenazah sudah tergeletak,” kata SBY saat berziarah ke Kuburan Massal Siron, Aceh Besar, Senin (25/12).

SBY menilai musibah tsunami Aceh yang terjadi 26 Desember 2004 silam merupakan cobaan terberat dan tragedi terbesar di Indonesia. Untuk itu semua pihak berkewajiban secara moral untuk mengenang musibah tersebut.

“Bagi saya semua berkewajiban memiliki kewajiban moral terhadap musibah besar itu, dan Alhamdulillahnya damai datang di tanah Aceh,” ucapnya.

19 tahun sudah tsunami Aceh, SBY melihat ada beberapa persoalan yang harus diselesaikan baik di tingkat Pemerintah Aceh maupun Pemerintah Pusat agar bisa memajukan tanah Aceh. Namun ia tak merinci persoalan tersebut.

“Tentu ada masalah-masalah yang harus diselesaikan, baik di Pemerintah Aceh maupun pemerintah pusat untuk bersama-sama memajukan tanah Aceh,” ujarnya.

Selain berziarah, SBY menghadiri konsolidasi Partai Demokrat dan melakukan pertemuan dengan tim kampanye daerah yang juga bakal dihadiri oleh capres nomor urut 2, Prabowo Subianto.

CATEGORIES
TAGS
Share This