Sejarah serta Tugas Kopassus, Pasukan sepak bola Elite Kebanggaan Angkatan Darat

Sejarah serta Tugas Kopassus, Pasukan sepak bola Elite Kebanggaan Angkatan Darat

JAKARTA Kopassus merupakan salah satu pasukan tempur kebanggaan TNI Angkatan Darat. Komando Utama Tempur yang miliki julukan Korps Baret Merah ini mempunyai sejarah panjang kemudian sempat beberapa kali berganti nama.

Tidak cuma punya sejarah panjang, Kopassus juga miliki tugas khususnya tersendiri, dari mulai tugas operasi militer, hingga melaksanakan beragam bantuan kemanusiaan.

Sejarah Kopassus

Tanggal 16 April 1952 bermetamorfosis menjadi hari cikal akan datang terbentuknya Kopassus (Komando Tim Khusus). Awalnya Panglima Tentara Territorium III/Siliwangi Kolonel AE Kawilarang mendirikan Kesatuan Komando Tentara Territorium III/Siliwangi (Kesko TT). Terbentuknya Kesko TT ini didasari pengalamannya bertempur menumpas pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS) pada 1950.

Pada ketika itu Kawilarang membentuk operasi tempur yang tersebut dikomandani Letkol Slamet Riyadi. Meski berhasil meredam perlawanan RMS, kesuksesan ini harus dibayar mahal dengan banyaknya individu yang terjebak yang digunakan berjatuhan dari pihak militer.

Dari situlah dikerjakan analisis dan juga disimpulkan apabila kekuatan musuh bukanlah terletak pada perlengkapan yang mana memadai, tetapi pada pengalaman, kemampuan tembak tepat, serta pergerakan perorangan.

Peristiwa itu menginspirasi Kolonel Slamet Riyadi untuk membentuk satuan pemukul yang digunakan dapat digerakkan cepat serta tepat guna menghadapi pertempuran ke medan berat. Setelah Slamet Riyadi meninggal ke pertempuran Ambon, gagasan yang dimaksud lantas diteruskan oleh Kawilarang.

Melalui Instruksi Panglima Tentara juga Teritorium III No 55/Instr/PDS/52 tertanggal 16 April 1952 terbentuklah Kesatuan Komando Teritorium III. Komandan pertama Kesko TT yakni Mayor Mochamad Idjon Djanbi, mantan prajurit komando Inggris Nomor 10 (Inter Allied) Commando dan juga Regiment Speciale Troepen KNIL.

Seiring berjalannya waktu, satuan khusus ini mengalami beberapa jumlah perubahan. Pada 9 Februari 1953, Kesko TT dialihkan dari Siliwangi dan juga segera berada di bawah KSAD.

Pada 18 Maret 1953 Mabes ABRI mengambil alih dari Komando Siliwangi lalu kemudian mengubah namanya bermetamorfosis menjadi Korps Komando Angkatan Darat (KKAD).

Artikel ini disadur dari Sejarah dan Tugas Kopassus, Pasukan Elite Kebanggaan Angkatan Darat

CATEGORIES
TAGS
Share This