#
Siap-siap, Pemprov DKI Bakal Gelar Wadah Kerjasama Daerah! Bahas Apa?

Siap-siap, Pemprov DKI Bakal Gelar Wadah Kerjasama Daerah! Bahas Apa?

Jakarta – pemerintahan Provinsi DKI DKI Jakarta akan mengadakan Rapat Kerja Diskusi Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama 2024 dengan tema “Sinergi pemerintahan Daerah Mitra Praja Utama Dalam Pembangunan Tata Kelola Pemerintahan lalu Ketahanan Pangan yang dimaksud Berkelanjutan”.

Kepala Biro Kerja Sama Daerah Setda Provinsi DKI Ibukota Indonesia Marulina Dewi menyatakan forum ini akan dihadiri oleh oleh 10 provinsi besar dan juga telah berjalan cukup lama.

“Raker ini berubah menjadi forum antar-pemerintah wilayah untuk berdiskusi program-program kerja sebanding yang tersebut saling menguntungkan,” rinci Dewi untuk CNBC Indonesia, disitir Kamis (16/5/2024).

Selain menetapkan acara prioritas untuk periode 2025-2029, pada reuni ini juga dibahas rekomendasi kebijakan apa yang tersebut ingin disampaikan terhadap pemerintah pusat, melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Adapun kesulitan ketahanan pangan nantinya akan berubah jadi bahasan utama pada perjumpaan tersebut.

“Termasuk juga mencari program-program yang dapat dikerjasamakan, tak lama kemudian menetapkan acara kerja sebanding pengerjaan untuk 2025-2029, jadi pada 2025 bisa jadi segera bekerja,” tegas Dewi.

Dewi mengemukakan Pemprov DKI Ibukota Indonesia berharap bisa bekerja serupa di ketahanan pangan berkelanjutan antar-pemerintah daerah. Dewi merinci, ketahanan pangan berada dalam berubah jadi topik nasional, apalagi pemerintah tempat diharapkan dapat memenuhi kebutuhannya pangannya.

“Kebutuhan pangan diharapkan dapat dipenuhi oleh pemerintah area termasuk untuk mengantisipasi inflasi. Apalagi pada Ibukota sendiri sangat memerlukan dukungan area lain, dikarenakan tidak tempat produsen, namun tergantung pada tempat lain, bukanlah hanya sekali kawasan aglomerasi tapi daerah-daerah produksi,” jelas Dewi.

Adapun 10 provinsi yang dimaksud yakni Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, lalu Nusa Tenggara Timur.

Kerjasama antar pemerintah wilayah merupakan suatu isu yang dimaksud diperlukan diperhatikan pemerintah pada waktu ini mengingat perannya di menentukan ketahanan negara, serta mengamati begitu sejumlah permasalahan juga permintaan masyarakat pada wilayah yang harus diatasi atau dipenuhi dengan menyeberangi batas-batas wilayah administratif.

Setiap tempat memiliki batas wilayah administratif yang tersebut ditentukan secara formal melalui peraturan perundangan, akan tetapi di kenyataan berubah-ubah kesulitan lalu kepentingan kerap muncul sebagai akibat dari hubungan fungsional di dalam bidang sosial perekonomian yang melintasi batas-batas wilayah administratif tersebut.

Hal yang dimaksud menunjukkan bahwa diperlukan kerjasama antara pemerintah wilayah agar beragam hambatan lintas wilayah administratif dapat diselesaikan dengan kemudian sebaliknya agar banyak kemungkinan yang merek miliki dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama.

Dalam konteks inilah, Diskusi Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama (FKD-MPU) secara rutin setiap tahun menyusun kegiatan kerjasama pengerjaan tempat 10 provinsi anggotanya.

Forum kerjasama wilayah ini cukup strategis dikarenakan meliputi 60% dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia. FKD-MPU sanggup bermetamorfosis menjadi model kerjasama wilayah yang dimaksud menyentuh persoalan ke berhadapan dengan sebab melibatkan dinas-dinas atau SKPD teknis terkait.

Tahun ini, Rapat Kerja Pertemuan Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama 2024 akan menghadirkan sebagian pejabat pemerintah hingga akademisi.

Dewi menyampaikan, Acara ini diharapkan dapat menjadi peluang untuk menguatkan sinergi antara pemerintah area di menghadapi bervariasi tantangan penyelenggaraan dalam Indonesia. Jangan sampai ketinggalan kemudian simak update selengkapnya ke CNBC Indonesia.

Artikel Selanjutnya Pajak Progresif Motor-Mobil di dalam Ibukota Resmi Naik, Kena Segini

Artikel ini disadur dari Siap-siap, Pemprov DKI Bakal Gelar Forum Kerjasama Daerah! Bahas Apa?

CATEGORIES
TAGS
Share This