#
Sinergi Kemenag lalu USAID Tingkatkan Standard Kaum Muda Indonesia

Sinergi Kemenag lalu USAID Tingkatkan Standard Kaum Muda Indonesia

JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) bersinergi dengan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) beserta organisasi kaum muda Santri Mengglobal. Sinergi ini diwujudkan dengan mengatur Global Santri Fest 2024 pada @america di dalam Jakarta, pada 11 Mei 2024.

Acara ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para santri juga santriwati meningkatkan kualitas lembaga pendidikan mereka itu dengan kuliah dalam luar negeri, khususnya Amerika Serikat melalui jalur beasiswa.

Direktur Kantor Pertumbuhan Perekonomian kemudian Pendidikan USAID Nusantara Farhad Ghaussy mengatakan, akses terhadap lembaga pendidikan berkualitas merupakan hak mendasar setiap kaum muda.

“Global Santri Fest menunjukkan komitmen kami di mengupayakan generasi muda Indonesia, memberikan kesempatan yang tersebut lebih tinggi luas untuk mengakses sekolah berkualitas tinggi. Melalui beasiswa, generasi muda Nusantara akan menemukan jalan menuju sekolah di Amerika Serikat,” kata Farhad Ghaussy pada keterangannya, Rabu (15/5/2024).

Pada Global Santri Fest 2024, pelajar serta kontestan lainnya akan mempelajari bervariasi beasiswa yang dimaksud tersedia untuk belajar dalam Amerika Serikat, seperti acara dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA), Dana Abadi Pesantren, Beasiswa Indonesi Bangkit, Beasiswa Pendidikan Indonesi Kader Ulama Masjid Istiqlal, Kader Ulama Perempuan, kemudian the Humphrey Fellowship Program.

Pada Global Santri Fest 2024, pelajar lalu kontestan lainnya diberikan informasi terkait beraneka beasiswa yang tersebut tersedia untuk belajar pada Amerika Serikat, seperti kegiatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA), Dana Abadi Pesantren, Beasiswa Tanah Air Bangkit, Beasiswa Pendidikan Indonesi Kader Ulama Masjid Istiqlal, Kader Ulama Perempuan, dan juga the Humphrey Fellowship Program.

Selain informasi terperinci tentang beasiswa, acara ini juga memberikan pertemuan khusus untuk mendiskusikan persyaratan penerimaan universitas di dalam Amerika Serikat, cara menulis esai, kemudian langkah-langkah penting lainnya untuk mendapatkan beasiswa. Alumni dari universitas-universitas Amerika juga berbagi wawasan mengenai pertimbangan budaya, biaya hidup, juga prospek pasca-kelulusan.

Ketua PMO Dana Abadi Pesantren Kementerian Agama RI Dr. Mahrus, M.Ag. mengemukakan acara Global Santri Fest 2024 sangat membantu para santri yang tersebut ingin ke luar negeri, khususnya Amerika Serikat. Dengan menghadirkan pembicara serta alumni penerima beasiswa yang digunakan kuliah di Amerika Serikat, semakin memotivasi para santri juga santriwati untuk kuliah ke Amerika Serikat.

“Semoga dengan mengikuti acara Global Santri Fest 2024, semakin sejumlah santri juga santriwati bisa jadi mendapat beasiswa lalu kuliah di Amerika Serikat,” ungkapnya.

Artikel ini disadur dari Sinergi Kemenag dan USAID Tingkatkan Kualitas Kaum Muda Indonesia

CATEGORIES
TAGS
Share This