Sopir, ART, hingga SYL Kecipratan THR Rp100 Juta Periode 2021-2022

Sopir, ART, hingga SYL Kecipratan THR Rp100 Juta Periode 2021-2022

JAKARTA – Kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian Kementan , Fadjry Djufry mengungkapkan dirinya pernah diingatkan untuk menyiapkan sebagian uang oleh Sekjen Kementan Kasdi Subagyono. Adapun permintaan uang itu untuk kepentingan mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) .

Adapun permintaan yang dimaksud adalah untuk menyiapkan uang Tunjangan Hari Raya (THR) untuk dibayarkan terhadap sopir, asisten rumah tangga, juga termasuk SYL pada periode 2021-2022.

Hal itu sempat disinggung oleh Jaksa KPK saat mengingatkan keterangan Fadjry pada Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dalam sidang lanjutan perkara gratifikasi lalu pemerasan SYL, Rabu (22/5/2024).

“Di di sini kan ada THR 2021 serta 2022. Nomor 1 dan juga 3. Nah, dalam BAP saksi juga telah menjelaskan dua-duanya yang digunakan memohon Pak Kasdi. Saksi waktu itu penyampaiannya gimana?” tanya Jaksa KPK Meyer Simanjuntak ke ruang sidang.

“Biasanya mengingatkan untuk Pak Menteri staf-stafnya,” kata Fadjry.

“Di barang bukti ini ada tulisan dengan segera pimpinan maksudnya apa? Hal ini Mei 2021 juga April 2022 THR-nya Rp50 juta. Di situ ditulis tulisan tangan ‘langsung pimpinan’,” tanya Jaksa.

“Maksudnya yang dimaksud mendeklarasikan biasanya saya dengan teman-teman menyampaikan dengan segera ke yang mana bersangkutan,” ucap saksi.

Fadjry mengungkapkan kalau uang THR yang diminta dipersiapkan sebagaimana diingatkan oleh Kasdi di antaranya untuk sopir hingga satpam SYL.

“Artinya kita siapkan untuk sopir, satpam, tim rumah tangga, setiap-tiap kita bagi,” kata dia.

“Masing-masing ke yang bersangkutan yang tersebut kita kasih,” sambung Fadjry.

Artikel ini disadur dari Sopir, ART, hingga SYL Kecipratan THR Rp100 Juta Periode 2021-2022

CATEGORIES
TAGS
Share This