Subsidi BBM Lebih Banyak Dinikmati Bumi Usaha, Anies: Tidak Tepat Sasaran, Harus Diperbaiki

IndoPolitik.com – Jakarta – Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan berjanji akan menyiapkan sistem baru agar unsur bakar minyak (BBM) bersubsidi tepat sasaran juga menjangkau penduduk yang benar-benar membutuhkan.

Merujuk pada informasi dari Kementerian Keuangan, Anies mengungkapkan 89 persen subsidi BBM jenis Solar dinikmati oleh kalangan dunia usaha. Sisanya, kata Anies, dinikmati oleh masyarakat, yang dimaksud bahkan belaka sebagian kecil publik kurang mampu menikmati subsidi Solar tersebut.

“Ini juga dialami pada sejumlah tempat yang mana kawasan kepulauan, tentu Maluku mengalaminya. Jadi, kami mengawasi bahwa berbagai sekali subsidi BBM yang digunakan tak tepat sasaran,” kata Anies di acara Desak Anies di area Ambon, Maluku, Senin, 15 Januari 2024, baru 

Selain Solar, menurut dia, warga pra-sejahtera yang tersebut menikmati subsidi BBM jenis Pertalite juga hanya saja 20 persen; sisanya dinikmati oleh keluarga tidak pra-sejahtera.

Maka dari itu, ia pun menginginkan agar subsidi BBM bukan diterima oleh penduduk mampu. Anies menilai segala sesuatu yang dimaksud harganya di tempat bawah nilai tukar pasaran itu bersifat langka.

Jangan sampai, tambahnya, rakyat yang digunakan membutuhkan, seperti nelayan, petani, hingga keluarga pra-sejahtera, justru gagal menerima kegunaan dari subsidi BBM yang disebutkan dikarenakan sistem yang digunakan diterapkan ketika ini.

“Harus kita koreksi. Jadi, faktor pengendalinya itu jangan diserahkan pada mekanisme kuota. Kita harus siapkan sistem yang tersebut baru,” ujar mantan gubernur DKI Ibukota Indonesia itu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah dilakukan menetapkan tiga kontestan Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, lalu Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilihan Umum 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan pendapat pada tanggal 14 Februari 2024.

Pilihan Editor: Lumbung Ikan Nasional pada Maluku Batal Diwujudkan SBY lalu Jokowi, Anies: Akan Kami Bangun

CATEGORIES
TAGS
Share This