TikTok Ajak Pengguna dan Masyarakat Lawan Misinformasi Jelang Pemilu

TikTok Ajak Pengguna dan Masyarakat Lawan Misinformasi Jelang Pemilu

TikTok mengajak seluruh pengguna dan masyarakat melawan segala bentuk misinformasi jelang pemilu di platform digital. Hal ini sebagai upaya menciptakan Pesta Demokrasi lima tahunan berjalan dengan damai.
Langkah itu dilakukan TikTok dengan meluncurkan sebuah video panduan kreatif untuk mengedukasi pengguna dan masyarakat umum tentang cara #SalingJaga dari bahaya misinformasi di platform digital.

Video ini juga bertujuan untuk mengingatkan masyarakat luas agar terus #SalingJaga saat mengekspresikan diri, berbagi sudut pandang, dan menjadi bagian dari percakapan yang lebih luas khususnya menjelang Pemilu.

Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia Faris Mufid mengatakan, upaya ini dilakukan menyusul derasnya informasi yang ada di platform digital. Hal itu membuat warganet kewalahan mengolah informasi, termasuk mengonfirmasi kredibilitas dari informasi yang ditemukan di platform digital dan media sosial.

“Karenanya, kami ingin membantu masyarakat untuk tidak hanya bersiap menghadapi, tapi juga memahami cara melawan misinformasi di ranah digital,” kata Faris dalam keterangannya.

“Keamanan digital merupakan tanggung jawab semua pihak, dan bersama, kita bisa #SalingJaga agar terhindar dari konten-konten negatif dan informasi yang keliru,” ujarnya.

Dalam video #SalingJaga ini, TikTok menggandeng figur publik dan kreator dari berbagai latar belakang profesi dan generasi yaitu Angga Yunanda, Merry Riana, Sania Leonardo dan Dims The Meat Guy.

Keempat figur ini akan memberikan edukasi kreatif tentang bagaimana pengguna dapat #SalingJaga di platform digital melalui serangkaian tips melawan misinformasi yang mudah dipahami dan diterapkan oleh masyarakat luas.

Selain itu, video kampanye #SalingJaga juga ingin mengingatkan komunitas dan masyarakat luas agar dapat lebih berhati-hati saat menciptakan, mengonsumsi, maupun membagikan konten di platform digital dan media sosial.

Dengan demikian, melalui format video singkat yang kreatif dan menghibur, TikTok berharap pesan ini dapat disampaikan dengan lebih mudah dipahami dan disebarkan ke lebih banyak orang.

Sementara Merry Riana yang ikut membintangi video ini juga mengingatkan pentingnya bagi pengguna untuk bersikap bijak saat berinteraksi di platform digital. Sebab, kemajuan teknologi membantu semua kalangan, termasuk generasi muda untuk semakin berani menyuarakan pendapatnya.

“Namun, kemudahan ini perlu diiringi dengan rasa tanggung jawab yang besar. Kita semua harus terus melaksanakan peran kita untuk #SalingJaga, misalnya dengan menerapkan kebiasaan cek fakta sebelum membagikan sebuah cuplikan video tanpa tahu keseluruhan konteks dan kebenarannya,” jelas Merry.

Di TikTok, sistem rekomendasi di laman For You pada TikTok bekerja dengan mempertimbangkan preferensi pengguna, yakni berdasarkan interaksi pengguna tersebut di TikTok (komentar, like, share, dan sebagainya), informasi dalam video, serta pengaturan perangkat dan akun.

Dengan demikian, melalui video #SalingJaga, TikTok kembali mengingatkan bahwa pengguna bisa mengambil kendali atas pengalaman mereka di platform ini, termasuk konten-konten yang mereka konsumsi.

Di mana pengguna bisa memanfaatkan fitur keamanan TikTok untuk mengelola konten yang hadir di laman For You mereka, antara lain memilih ‘Tidak Tertarik’ (Not Interested), menyaring ‘Kata Kunci’ (Keyword Filter), melaporkan konten yang terduga mengandung misinformasi lewat fitur ‘Laporkan’ (Report), hingga menyegarkan kembali laman For You (Refresh Your For You Feed).

Selanjutnya, konten video singkat juga tidak luput dari potensi misinformasi dan kreator konten pun juga perlu memainkan perannya untuk berbagi informasi yang kredibel dan tepercaya, apa pun jenis kategori konten yang diusung.

“Sering kali, kita hanya melihat potongan video atau kutipan yang sengaja diunggah supaya mengarah ke konteks tertentu, yang bisa jadi jauh dari kejadian sebenarnya, atau justru narasi dari satu pihak saja,” kata Dimas Ramadhan (Dims The Meat Guy), Kreator TikTok.

“Sebelum membagikan suatu konten atau informasi yang kamu lihat di platform digital, cari tahu dulu kebenarannya supaya kita bisa #SalingJaga sesama kita dari dampak misinformasi,” ujarnya.

“Sebagai warga digital, kita semua harus terus #SalingJaga dari bahaya misinformasi di platform digital,” ujar Aktor Angga Yunanda.

Menurut Angga, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan secara proaktif melaporkan konten yang berpotensi mengandung misinformasi, terlebih jika konten tersebut bersifat menyesatkan.

“Kita pun juga perlu mengingatkan satu sama lain agar terus membagikan konten-konten positif agar kita semua tetap aman dan nyaman beraktivitas di platform digital,” ujar Angga.

Di bawah kampanye #SalingJaga, TikTok telah meluncurkan serangkaian upaya proaktif untuk menegaskan komitmennya dalam menjaga integritas Pemilu dan melawan penyebaran misinformasi.

Komitmen ini diwujudkan melalui kerja sama dengan Rekata Studio dalam film “Budi Pekerti” untuk mengemukakan pesan #SalingJaga; meluncurkan “Pusat Panduan Pemilu 2024” yang didukung oleh KPU RI dan BAWASLU RI pada laman khusus di platform TikTok.

Kemudian, bekerja sama dengan mitra cek fakta independen, yakni AFP, MAFINDO dan Perludem; serta menghadirkan aktivitas di dalam aplikasi seperti tantangan tagar (hashtag challenge) bagi pengguna untuk berbagi cara #SalingJaga versi mereka.

CATEGORIES
TAGS
Share This